Agus Aras Minta Pemkab Kutim Tindak Tegas Pasar Tumpah yang Meresahkan Pasar Induk

Anggota DPRD Kaltim, Agus Aras. (Ist)

Samarinda – Anggota DPRD Kaltim, Agus Aras, mendorong Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk menindak tegas fenomena pasar tumpah yang telah meresahkan pedagang di Pasar Induk Sangatta Utara.

Menurutnya, pedagang pasar tumpah harus diarahkan untuk melakukan aktivitas mereka di dalam Pasar Induk yang telah disiapkan oleh pemerintah. 

Untuk diketahui, Pasar Induk Sangatta Utara memiliki fasilitas yang memadai dan terbilang luas. Seharusnya pasar tersebut menjadi tempat utama bagi para pedagang melakukan transaksi jual-beli.

“Namun, keluhan dari pedagang yang berada di dalam Pasar Induk mengenai keberadaan pasar tumpah patut diperhatikan secara serius,” ujarnya, Selasa (31/10/2023).

Keberadaan pasar tumpah ini telah memberikan dampak negatif, termasuk pengurangan jumlah konsumen yang membeli dagangan dari pedagang di dalam Pasar Induk.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, jika hanya pedagang yang berjualan di dalam Pasar Induk yang memberikan kontribusi retribusi kepada PAD. Pasar tumpah, di sisi lain, tidak memenuhi kewajiban retribusi ini.

Tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga dari segi lalu lintas dan keindahan kota, pasar tumpah yang berlokasi di pinggir jalan turut mengganggu.

“Perlu ada penertiban pasar tumpah untuk menjaga ketertiban, keamanan, serta kesejahteraan pedagang di Pasar Induk Sangatta Utara, sekaligus memastikan kontribusi yang adil terhadap PAD daerah,” tandasnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!