Sukses. Seminar Ekonomi Kreatif BEM Stiepan, Hadirkan Narsum Hiekraf

Seminar “Peluang Generasi Milenial dalam Membangun Ekonomi Kreatif”
Seminar “Peluang Generasi Milenial dalam Membangun Ekonomi Kreatif”

Dalam upaya mengenalkan 17 sebsektor Ekonomi Kreatif dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dibenak millenial, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan (STIEPAN) menggelar Seminar yang bertema “Peluang Generasi Milenial dalam Membangun Ekonomi Kreatif”.

Seminar yang digelar pada 23 Juli 2022, bertempat di Kampus II STIEPAN Balikpapan. Peserta kegiatan seminar terdiri dari mahasiswa/i dan siswa/i SMA/K se-Balikpapan.

Turut hadir Ketua Umum Himpunan Ekonomi Kreatif (Hiekraf) Anwar Cholis beserta jajaran pengurus, Ketua STIEPAN Balikpapan Prof. Dr. Suhartono, S.E., M.M. dan petinggi kampus dan dosen.

Narasumber kali ini adalah Yos Setiyono selaku Hubungan Masyarakat Himpunan Ekonomi Kreatif (Hiekraf) Indonesia dan Yusup Pangala, S.T., M.M. selaku Waketum Bidang Pelatihan Pengembangan SDM Hiekraf.

Tampak antusiasme peserta merasa senang dan tertarik dengan materi yang disampaikan oleh kedua narasumber.

“Ekonomi kreatif ini perlu diketahui oleh remaja sebagai antisipasi bahwa kesuksesan tidak hanya melalui pekerjaan kantor sebagai karyawan, tapi juga bisa dicapai melalui pelaku usaha ekonomi kreatif dan juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” ucap salah satu peserta seminar.

Menurut Bang Yos, selain fakta bahwa saat ini Indonesia memasuki era bonus demografi, yang mana bahwa generasi milenial dan gen z adalah penduduk terbesar saat ini sampai tahun 2045, tentunya menjadi pasar sekaligus penggerak industri atau ekonomi kreatif. Dan kalau hal ini tidak dimanfaatkan sekarang oleh teman-teman muda kita, maka hanya akan menjadi pasar, bukan sebagai pelaku atau produsen.” ujar Bang Yos.

Sedangkan Bang Yusup Pangala memberikan motivasinya kepada generasi muda di Balikpapan, semaksimal semua pelajar dan mahasiswa ikut terlibat dalam setiap perkembangan ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan umumnya dan Balikpapan khususnya.

Tiara Yunita Setiawati selaku Ketua Panitia juga menambahkan, dengan diadakannya seminar ekonomi kreatif ini, berharap dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan di benak peserta, sehingga kedepannya banyak generasi muda yang mau berwirausaha dan membuka banyak peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat Balikpapan.

“dengan menjadi pelaku usaha ekraf, kita dapat mengembangkan perekonomian di Balikpapan, karena tadi sempat disinggung juga saat seminar bahwa di Balikpapan sendiri angka pelaku usaha ekonomi kreatif masih tergolong sedikit,” sebut Tiara.

Kedepannya, tambah Tiara, diharapkan generasi-generasi muda khususnya di Balikpapan dapat ikut serta berpartisipasi dalam membangun ekonomi kreatif di Balikpapan. (ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!