Puji Ungkap Urgensi Keberadaan Perpustakaan di Setiap Sekolah

Anggota DPRD Kaltim, Puji Setyowati. (Ist)

Samarinda – Perpustakaan sekolah merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang penting bagi perkembangan anak. Namun, berdasarkan data Dapodik, masih banyak sekolah di Kalimantan Timur (Kaltim) yang belum memiliki perpustakaan atau fasilitas pendukung lainnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati, yang mengaku khawatir dengan kondisi perpustakaan di sekolah.  Ia mengatakan bahwa perpustakaan sangat dibutuhkan.

“Perpustakaan itu sangat penting bagi anak, karena di sana mereka bisa belajar banyak hal,” ujarnya, Kamis (16/11/2023).

Puji menambahkan bahwa kurangnya fasilitas perpustakaan akan mempengaruhi aspek literasi di sekolah.

Oleh karena itu, Puji menyarankan agar ada data akurat terkait fasilitas pendidikan, seperti keberadaan perpustakaan, musala, kantin sehat, dan ruang terbuka hijau.

“Kita harus memastikan bahwa data Dapodik sudah mencerminkan kondisi sebenarnya di sekolah. Jangan sampai ada sekolah yang hanya mau mengajukan akreditasi, tapi tidak mau memperbaiki fasilitasnya,” katanya.

Puji juga mengingatkan bahwa proses pengajuan bantuan atau alokasi khusus dari pemerintah juga harus memperhatikan keberadaan fasilitas pendukung.

Ia berharap agar pemerintah bisa lebih responsif dan memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan.

“Saya berharap pemerintah bisa lebih peduli dengan sekolah-sekolah di daerah kita. Jangan sampai hanya ada sekolah yang gak punya perpustakaan, tapi juga ada sekolah yang punya perpustakaan tapi gak punya bantuan,” pungkasnya.

(ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!