Kebutuhan Helikopter dalam Penanganan Kebakaran Hutan

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kutai Timur Jimmy
Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kutai Timur Jimmy

Sangatta – Sebagai wilayah dengan potensi kebakaran hutan yang tinggi, Kutai Timur telah menjadikan persiapan dalam menghadapi musim kemarau dan ancaman kebakaran hutan dan lahan sebagai prioritas.

Salah satu aspek krusial dalam penanganan kebakaran hutan adalah sarana transportasi yang memadai, seperti helikopter.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kutai Timur, Jimmi, mengungkapkan pentingnya keberadaan helikopter dalam penanganan kebakaran hutan.

“Kendaraan darat tidak selalu cukup untuk mencapai daerah yang terpencil atau sulit dijangkau. Helikopter adalah alat yang ideal untuk membantu operasi pemadaman kebakaran hutan, karena bisa langsung menuju titik kebakaran,” ujarnya.

Jimmi juga menjelaskan bahwa helikopter dapat membantu dalam mengambil air dari sumber-sumber air terdekat untuk memadamkan api. Ini dapat membantu meminimalkan dampak kebakaran hutan yang merusak lingkungan dan merugikan masyarakat.

Namun, kendala yang dihadapi adalah ketersediaan dana untuk mengakuisisi dan memelihara helikopter tersebut. Jimmi mengakui, “Kita membutuhkan dukungan dan alokasi dana yang memadai untuk membeli dan merawat helikopter. Ini merupakan investasi yang sangat penting untuk keamanan wilayah kita.”

Kerjasama antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan pihak swasta mungkin menjadi solusi dalam mengatasi kendala tersebut.

Kehadiran helikopter dalam penanganan kebakaran hutan akan memberikan keunggulan yang signifikan dalam upaya melindungi lingkungan dan aset-aset masyarakat dari bencana kebakaran hutan.

Dalam rangka menjaga keamanan wilayah, langkah-langkah ini menjadi semakin mendesak seiring dengan perubahan iklim dan intensifikasi musim kemarau yang lebih panjang.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!