Predikat Layak Anak: Pencapaian Masyarakat Kutai Timur yang Patut Dibanggakan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dr Novel Tyty Paembonan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dr Novel Tyty Paembonan

Sangatta – Sebuah kabupaten di Kalimantan Timur, telah meraih predikat Layak Anak yang merupakan sebuah pencapaian yang patut dibanggakan. Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Kutai Timur, Novel Paembonan, berbicara tentang arti penting di balik predikat ini.

Novel Paembonan menjelaskan, “Pencapaian predikat Layak Anak bukan sekadar penghargaan formal. Ini adalah refleksi dari komitmen kita sebagai komunitas untuk melindungi hak-hak anak dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka.”

Penghargaan ini datang setelah DPRD Kutai Timur melakukan kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak (PPA) dengan intensitas ganda. Ini menjadi bagian dari upaya keras untuk memastikan bahwa peraturan ini tidak hanya ada dalam teori, tetapi juga dijalankan dengan baik oleh pihak terkait.

Novel Paembonan juga menyoroti realitas sulit yang masih dihadapi oleh beberapa anak di daerah ini. “Kita tidak bisa berpuas diri dengan predikat Layak Anak yang kita terima. Kasus seperti anak-anak yang harus bekerja di jalanan untuk mencari penghidupan, atau kasus kekerasan dalam rumah tangga yang melibatkan anak, masih menjadi permasalahan nyata di lapangan,” katanya.

Namun, Paembonan menegaskan bahwa hal ini harus menjadi pemicu untuk terus bertindak. “Kita memiliki tanggung jawab moral untuk melindungi anak-anak ini, dan kita perlu menjadikan predikat ini sebagai landasan untuk berbuat lebih banyak,” ujarnya.

Predikat Layak Anak adalah prestasi yang patut dibanggakan, tetapi juga menjadi komitmen untuk memastikan bahwa anak-anak di Kutai Timur tumbuh dalam lingkungan yang aman, mendapatkan pendidikan yang layak, serta memiliki akses ke pelayanan kesehatan dan perlindungan yang mereka butuhkan.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!