Udin Ungkap Urgensi Pembangunan Dermaga di Wilayah Pesisir

Anggota DPRD Kaltim, M. Udin. (Ist)

Samarinda – Anggota DPRD Kaltim, M. Udin, menyampaikan bahwa sarana prasarana seperti dermaga sangat penting bagi wilayah pesisir.

Hal itu dalam rangka mendukung kegiatan pelelangan ikan yang menjadi sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat pesisir.

Menurutnya, hasil tangkapan ikan masyarakat pesisir di wilayah Berau dan Kutai Timur saat ini masih sangat terbatas dalam akses ke infrastruktur dermaga yang memadai. 

“Mereka butuh dermaga yang besar untuk melaksanakan kegiatan pelelangan ikan,” ujarnya, Rabu (1/11/2023).

Dia juga mengungkapkan bahwa sebagian besar ikan hasil tangkapan masyarakat pesisir di wilayah tersebut saat ini didominasi oleh kapal-kapal dari Sulawesi. 

“Hasil tangkapan ikan cenderung diekspor ke Sulawesi. Sehingga wilayah pesisir diklaim tidak dapat mengoptimalkan potensi hasil tangkapan ikannya sendiri,” tambahnya.

M. Udin menyadari bahwa meskipun infrastruktur dermaga yang lebih besar mungkin akan menghadirkan biaya tambahan, namun hal ini akan berdampak positif dalam jangka panjang. 

Terakhir, ia berharap kepada pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat pesisir agar berkolaborasi dalam membangun infrastruktur dermaga yang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

“Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat pesisir, sambil memastikan sumber daya ikan yang berkelanjutan,” tutupnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!