Perda PUG, Kunci Kesetaraan Gender

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kutai Timur, Asti Mazar
Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kutai Timur, Asti Mazar

Sangatta – Peraturan Daerah (Perda) Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam setiap aspek kehidupan.

Melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki, khususnya memberdayakan perempuan.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kutai Timur, Asti Mazar, mengungkapkan pentingnya penyetaraan gender, yang dalam hal ini berarti baik laki-laki maupun perempuan mendapat hak yang sama dalam perlindungan maupun memilih apa yang ingin dilakukan.

Asti Mazar menjelaskan bahwa Perda PUG bertujuan untuk memastikan bahwa perempuan memiliki peran yang kuat dalam dunia politik dan pemerintahan. “Perempuan harus berani untuk berkarir di dunia politik dan membawa isu-isu perempuan serta anak-anak ke panggung politik,” ujar Asti Mazar.

PUG merupakan langkah konkret dalam mewujudkan kesetaraan gender. Ini juga mencerminkan komitmen pemerintah dan DPRD Kutai Timur untuk memberikan wadah bagi perempuan dalam berperan aktif dalam politik dan pemerintahan.

Perda ini mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pengarusutamaan gender, termasuk kebijakan-kebijakan yang mendukung keterlibatan perempuan.

Dengan Perda PUG, diharapkan perempuan dapat lebih banyak menduduki posisi strategis dalam pemerintahan dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam pengambilan keputusan.

Pemberdayaan perempuan di bidang politik adalah langkah positif dalam menjaga hak-hak perempuan dan memastikan bahwa isu-isu gender diangkat dengan serius dalam agenda politik.

Asti Mazar menggarisbawahi bahwa politik harus mampu mencerminkan masyarakat yang beragam dan menghormati hak-hak semua individu.

“Apabila memang ini untuk kepentingan masyarakat, perempuan harus berani untuk menempati posisi sebagai ketua DPRD atau sebagai bupati apabila diamanahi,” katanya.

Perda PUG di Kabupaten Kutai Timur adalah langkah maju dalam mencapai kesetaraan gender. Partisipasi aktif perempuan dalam politik bukan hanya untuk mereka, tetapi juga untuk mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan inklusif.

Dengan dukungan penuh dari DPRD Kutai Timur dan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender, perempuan di wilayah ini semakin berperan dalam pembentukan masa depan yang lebih cerah.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!