Sambut IKN, Samsun Sebut Urgensi Peningkatan SDM

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Ist)

Samarinda – Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun berharap pembangunan IKN tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur fisik saja.

Samsun meminta perlu memfokuskan pada aspek Pembangunan sektor non-fisiknya terutama yang berkaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami sepakat pengembangan IKN tidak hanya terfokus pada fisik saja, tapi juga non fisik. Yakni dari sisi sumber daya manusianya,” kata Samsun.

Ia beranggapan bahwa, saat ini masyarakat masih resah dan khawatir terkait partisipasi mereka dalam pembangunan IKN di Kaltim.

“Masyarakat cemas apabila mereka tidak dilibatkan. Apalagi dengan adanya IKN di Kaltim, tentu akan banyak yang berbondong -bondong untuk datang ke sini untuk mencari peruntungan,” katanya.

Sehingga, ia pun mondorong agar adanya peningkatan keterampilan masyarakat Lokal dalam menghadapi perpindahan IKN di Kaltim.

Menurutnya, tujuannya agar masyarakat dapat memperoleh sertifikasi dan dianggap kompeten sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam mendukung pengembangan IKN dalam jangka panjang. Namun saat ini, dalam jangka pendek, yang dibutuhkan sebagian besar adalah tenaga teknis konstruksi.

“Tapi jangan lupa untuk jangka panjang, banyak hal yang harus kita rencanakan mulai dari sekarang,” pungkasnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!