Hamil di Usia Dini, Novel Tekankan Pentingnya Edukasi Reproduksi Remaja

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dr Novel Tyty Paembonan
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dr Novel Tyty Paembonan

Sangatta – Kasus kehamilan di usia dini menjadi perhatian serius di Kabupaten Kutai Timur. Anggota Komisi I DPRD, Novel Paembonan, menekankan urgensi pentingnya pendidikan reproduksi remaja sebagai langkah untuk mengatasi masalah ini.

“Kehamilan di usia dini adalah masalah serius yang dapat berdampak pada masa depan anak-anak kita. Edukasi reproduksi remaja menjadi kunci untuk mencegah kasus semacam ini,” ungkap Paembonan.

Kehamilan di usia dini bukan hanya mengorbankan masa remaja anak, tetapi juga memunculkan berbagai risiko kesehatan fisik dan mental.

Novel Paembonan mencatat bahwa Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak (PPA) telah memberikan landasan hukum, tetapi perlu adanya program edukasi yang lebih aktif.

“Dalam mendukung pendidikan reproduksi remaja, peran pemerintah dan lembaga pendidikan sangat penting. Kita harus memastikan bahwa anak-anak memahami pentingnya perlindungan diri dan menjaga kesehatan reproduksi mereka,” tegas Paembonan.

Paembonan juga menggarisbawahi tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak-anak mereka tentang masalah reproduksi dan hubungan antar pribadi.

“Orang tua memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman yang benar kepada anak-anak mereka. Pendidikan reproduksi remaja harus dimulai di rumah,” katanya.

Ini menunjukkan urgensi dalam menangani masalah kehamilan di usia dini dan mengingatkan kita semua tentang pentingnya edukasi reproduksi remaja sebagai upaya pencegahan yang efektif.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!