Rusman Minta Pelaku Usaha di Kaltim Sertifikasi Produk

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub. (Ist)

Samarinda – Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya’qub ┬ámendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan sertifikasi halal pada produk.

Menurutnya, dengan adanya sertifikasi produk akan diterima di pasaran, apalagi yang membutuhtuhkan produk halal seperti kalangan konsumen muslim.

“Sertifikasi produk itu salah satu pemicu di pasar, karena itu sangat penting agar UMKM bisa bersaing di pasar nasional maupun internasional,” kata Rusman, Selasa (24/10/2023).

Hal itu juga sebagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah terhadap transformasi UMKM. Karena berbagai inovasi UMKM saat ini di marketplace sudah banyak. Dengan begitu konsumen sekarang dalam memilah produk dengan penuh pertimbangan.

“Dalam mewujudkan transformasi UMKM di masa depan harus memperhatikan beberapa aspek penting, seperti sertifikasi produk, manajemen pemasaran, dan transportasi,” bebernya.

Ia juga mendorong dan mendukung pemerintah agar UMKM di Kaltim menjadi pionir dan pengembangan ekonomi daerah. “Kami berharap peringatan UMKM menjadi pencetus inovasi para pelaku UMKM di Kaltim,” tambahnya.

Rusman juga menjelaskan dalam manajemen pemasaran. Ini adalah salah satu upaya untuk mendorong transformasi UMKM dengan tujuan promosi produk agar tercapai secara efektif.

“Saya turut mengapresiasi kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim yang telah melakukan berbagai program pembinaan dan bantuan bagi UMKM,” ujar politisi Fraksi PPP DPRD Kaltim.

Rusman meminta para pelaku UMKM di Kaltim terus berusaha, bekerja keras, dan kreatif agar berdampak pada peningkatan pendapatan mereka. (ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!