Peran Koperasi Sekolah untuk Penunjang Ekonomi

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur, Ramadhani
Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur, Ramadhani

Sangatta – Koperasi sekolah semakin mendapat perhatian sebagai instrumen yang dapat mendukung ekonomi sekolah dan menutupi kebutuhan yang tidak tercakup dalam anggaran pendidikan.

Dalam pernyataannya, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur, Ramadhani, menyuarakan pentingnya koperasi sekolah sebagai alat untuk meningkatkan pendapatan sekolah.

Ramadhani merincikan bahwa koperasi sekolah dapat berperan penting dalam membantu mengatasi kekurangan anggaran sekolah.

Dengan adanya koperasi sekolah, sekolah memiliki sumber tambahan pendapatan yang dapat digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan sekolah yang tidak termasuk dalam anggaran.

“Dalam kegiatan sekolah ini kan ada yang direncanakan sama mereka, sehingga kalo kegiatan yang sudah direncanakan itu melalui markes mereka, ada kegiatan tambahan, darimana mereka dapatnya?” tanyanya.

Ia memandang koperasi sekolah sebagai solusi yang membantu sekolah menutupi kegiatan yang tidak termasuk dalam anggaran pendidikan.

Namun, Ramadhani juga menekankan pentingnya tetap memberikan fleksibilitas kepada siswa dan orang tua terkait dengan penggunaan koperasi sekolah.

“Kalo saya sarankan, sekolah tidak boleh mewajibkan beli di koperasi, boleh dia beli dimana aja, dengan semampunya aja, tapi sesuai dengan aturan yang ada di sekolah itu, warnya, polanya, ukurannya,” tambahnya.

Ramadhani menggarisbawahi pentingnya pendidikan yang terjangkau dan bermutu, sambil mendukung pendekatan inklusif dalam penggunaan dana baju sekolah.

Peran koperasi sekolah sebagai sumber pendapatan tambahan merupakan kontribusi yang signifikan dalam memperbaiki ekonomi sekolah dan mendorong efisiensi penggunaan anggaran pendidikan.

Dengan dukungan ini, sekolah dapat lebih baik mendukung pengembangan pendidikan yang berkelanjutan dan memastikan semua siswa mendapatkan manfaatnya.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!