Pengarusutamaan Gender: Langkah Menuju Kesetaraan

Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur Agusriansyah Ridwan
Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur Agusriansyah Ridwan

Sangatta – Pengarusutamaan gender menjadi fokus serius di Kabupaten Kutai Timur dalam upaya mencapai kesetaraan gender yang lebih baik.

Dalam sebuah pernyataan, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur, Agusriansyah Ridwan, menjelaskan komitmen mereka terhadap upaya ini.

Agusriansyah Ridwan menyampaikan, “Pengarusutamaan gender bukan sekadar slogan. Kami berkomitmen untuk mewujudkan kesetaraan gender yang nyata di Kutai Timur. Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh komponen masyarakat.”

Pengarusutamaan gender merupakan pendekatan yang memperhatikan peran dan kepentingan baik pria maupun wanita, dengan tujuan mencapai kesetaraan dalam hak, tanggung jawab, dan peluang di semua sektor kehidupan.

Hal ini penting untuk mengatasi permasalahan diskriminasi gender dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua.

Bekerjasama dengan lembaga dan organisasi terkait, Kutai Timur tengah merancang program-program pengarusutamaan gender yang komprehensif.

Ini mencakup edukasi, pelatihan, serta dukungan untuk mendorong partisipasi aktif perempuan dan laki-laki dalam berbagai sektor, termasuk politik, ekonomi, dan sosial.

Agusriansyah menekankan, “Kami ingin menciptakan lingkungan di mana setiap individu, tanpa memandang gender, memiliki kesempatan yang sama. Ini adalah salah satu langkah menuju masyarakat yang lebih adil dan setara di Kutai Timur.”

Upaya pengarusutamaan gender tidak hanya tentang menciptakan kesetaraan, tetapi juga menjadikannya sebagai landasan pembangunan yang berkelanjutan.

Dengan memperkuat posisi perempuan dan mengurangi kesenjangan gender, Kutai Timur siap mendorong kemajuan yang lebih baik dan merata bagi seluruh masyarakat.

Saat ini, DPRD dan pemerintah daerah telah membentuk tim khusus untuk mengkaji dan menyusun peraturan daerah yang mendukung pengarusutamaan gender.

Semua pihak berharap, langkah-langkah konkret akan segera terwujud, membuka jalan menuju kesetaraan gender yang diidamkan.

Transformasi menuju pengarusutamaan gender adalah sebuah perjalanan panjang, namun dengan komitmen dan kerjasama semua pihak, Kutai Timur siap merangkul masa depan yang lebih inklusif dan setara.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!