Dinsos Kutim Manfaatkan Aplikasi SIKS-NG, Seleksi dan Cek Penerima Bansos

Budi Mulia, Plt Sekretaris Dinsos Kabupaten Kutim.
Budi Mulia, Plt Sekretaris Dinsos Kabupaten Kutim.

Sangatta – Aplikasi SIKS-NG merupakan salah satu aplikasi yang dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam meningkatkan pelayanan sosial kepada masyarakat seperti yang telah di realisasikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

“Pada aplikasi tersebut dapat mengecek bantuan sosial dalam penyaluran kepada masyarakat sehingga tepat sasaran,” ucap Plt Sekretaris Dinsos Kutim, Budi Mulia saat ditemui media.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan bahwa penggunaan aplikasi ini memanfaatkan ID pengguna yang telah terverifikasi dan aktivasi untuk dapat mengakses fasilitas tersebut.

“Beberapa sosialisasi telah kami lakukan dalam pemanfaatan aplikasi ini bisa berjalan dengan maksimal,” ungkapnya.

Budi mengatakan bahwa aplikasi cek bansos secara otomatis juga akan mengecek kelayakan masyarakat untuk menerima bantuan sosial tersebut melalui perhitungan syarat yang dimiliki oleh masyarakat.

“Semoga tahun ini penerimaan bantuan sosial benar-benar tepat sasaran dan kita bisa mengetahui siapa saja yang menerima bantuan sosial,” harapnya.

Adapun teknis pemeriksaan informasi yang disetujui akan dikirimkan ke dalam proposal baru di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi sistem SIKS-NG online yang dilengkapi dengan surat pengesahan dari pemimpin wilayah untuk diproses dalam Keputusan Menteri Sosial.ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!