Kuatkan Intergrasi dan Komitmen KLA, DPPPA Kutim Bentuk Forum Anak

Sangatta – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah membentuk Forum Anak untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan yang ramah anak bagi para pelajar di seluruh Kutim.

Hal ini dilakukan dalam rangka menguatkan integrasi dan komitmen sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) melalui

“Forum Anak menyatukan semua murid di Kabupaten Kutai Timur. Dengan adanya Forum Anak Kabupaten, semua sekolah dikumpulkan di satu wadah,” ucap Kepala Bidang Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DPPPA Kutim, Rita Winarni

Adapun tugas dari Forum Anak, Rita menjelaskan bahwa mereka sebagai pelopor narahubung para anak yang memiliki masalah dan pelapor permasalahan apabila terjadi kekerasan yang belum bisa mereka tangani.

“Terkadang anak-anak dan orang tuanya kurang terbuka, sehingga mereka bertindak sebagai penghubung, yang berarti satu sama lain,” lanjutnya.

Menurut Rita, anggota Forum Anak ini semuanya dari siswa SD hingga SMA. Struktur organisasinya sama dengan organisasi lain pada umumnya, dengan ketua, sekretaris, bendahara dan anggota.

Tak hanya itu, Rita turut mengajak Forum Anak untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang didampingi oleh DPPPA Kutim.

“Khusus untuk kegiatan seperti itu, biasanya kami berikan surat dispensasi untuk berpartisipasi di dalamnya,” tutupnya.ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!