BPS Kutim Gelar Pelatihan Petugas Sensus Pertanian 2023

Pelatihan Petugas Lapangan Sensus Pertanian 2023 di Kutim
Pelatihan Petugas Lapangan Sensus Pertanian 2023 di Kutim

Sangatta – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Timur menggelar Pelatihan Petugas Lapangan Sensus Pertanian yang dihelat di Hotel Royal Victoria, Jumat (26/5/2023).

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 259 Peserta yang bertugas melaksanakan sensus pertanian tahun 2023 dan dibuka secara resmi oleh Asisnten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Poniso Suryo Renggono.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPS Kutim Ahmad Junaedi, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan persandian Rasyid, Sekretaris Ketahanan Pangan Bennie Jermawan beserta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi melaporkan bahwa dari 259 petugas terdiri dari 200 PPL, 40 Petugas Pemeriksaan Lapangan (PML) dan 19 Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka).

“Tujuan Sensus Pertanian 2023 adalah untuk menyediakan data tentang struktur pertanian hingga ke unit administratif terkecil, data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian saat ini,” lanjutnya.

Selain itu, Ahmad juga menyampaikan bahwa pelaksanaan sensus akan berlangsung selama 2 bulan mulai tanggal 1 Juni sampai 31 Juli mendatang.

“Pelaksanaan akan menggunakan 2 metode, yaitu secara door to door dan show ball tergantung dari wilayah konsentrasi pertaniannya,” ujarnya.

Ahmad menambahkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang sama kepada seluruh petugas mengenai konsep, metodologi dan SOP yang akan digunakan untuk kemudian diimplementasikan di lapangan, sebelum para petugas turun ke lapangan untuk mengumpulkan data.ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!