DPU Kutim Maksimalkan 1662 Paket PL

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Muhammad Muhiri, beberapa proyek pemerintah, yang akan dibiayai oleh APBD tahun 2022 yang direvisi, sudah ditawarkan.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Muhammad Muhiri, beberapa proyek pemerintah, yang akan dibiayai oleh APBD tahun 2022 yang direvisi, sudah ditawarkan.

SANGATTA- Pemerintah Kabupaten Kutai (Pemkab Kutim) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah menerbitkan daftar proyek pemerintah yang akan dilaksanakan mulai akhir Oktober 2022. Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Muhammad Muhiri, beberapa proyek pemerintah, yang akan dibiayai oleh APBD tahun 2022 yang direvisi, sudah ditawarkan. Hal itu disampaikan Muhammad Muhir di ruang kerjanya, Jumat (02/12/2022).

Didampingi oleh kepala bidang (Kabag) Bina Marga Masran Lode, PPK Tulus M Siahaan dan PPK H Sutiyono, Kadis PU menjelaskan beberapa proyek lelang Pemkab yang dilaksanakan pihaknya yang  merupakan proyek pembangunan yang tersebar di beberapa kecamatan. . Misalnya Jl. poros  AMD, Jalan wolter mongonsidi dan poros kabo (Sangatta Utara) serta Jalan HM Ardan di Sangatta Selatan.

“Proyek dimaksud semua dilelang. Dalam waktu satu minggu ini menunggu masa sanggah, kalau itu sudah (lewat), segera action (beraksi),” jelas Muhir. Selain itu saat ini juga sedang dikerjakan proyek peningkatan jalan, pengaspalan di pantai desa Selangkau sepanjang Kecamatan Kaliorang. “Sekarang progress pekerjaan mencapai 20 persen dan hasil akhir aspal sepanjang tiga kilometer,”ujar Muhir lagi. Proyek penunjukan langsung (PL) juga sedang berjalan sebanyak 1.662 paket akan segera dimulai pekan depan. Karena jumlahnya yang tak sedikit, Muhir tak menyebutkan satu persatu proyek PL tersebut. Namun menurut dia, nilai proyeknya bervariasi. Ada yang Rp 80 juta, namun ada pula yang mencapai Rp100 juta, tergantung kondisi di lapangan. Contoh lainnya pengerjaan jembatan kayu ulin sepanjang 4 meter tentu anggaran tak besar, kisaran Rp30 juta.

Dengan berbagai program pembangunan infrastruktur terebut, Muhir mengatakan pihaknya akan berupaya bekerja maksimal agar tidak menjadi silpa (selisih lebih realisasi penerimaan dan pengeluaran anggaran). “Masyarakat kami harap sabar, Pemkab akan terus membangun. Mohon dukungan semua masyarakat, InsyaAllah pekerjaan (pembangunan infrastruktur) ini akan dikerjakan dan selesai pada Desember 2022,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!